Friday, September 2, 2011

mudik, mudik, mudik :D

Masih dalam suasana lebaran, dan tentunya masih bau-bau mudik. Kalo kalian tanya tahun ini aku mudik kemana, jawabannya adalah..ehem..ehem..uhuk...LOS ANGLES :D. Tau Los Angles kan? Pasti tau duonk. Sebuah kota kecil yang terletak disamping kota Gersang Bersisik alias Gresik (hehehehe, yang punya kota jangan marah yaa :D). Kota yang terkenal dengan obyek wisata baharinya, kota yang juga terkenal dengan panganan khasnya Tahu Campur dan Wingko Babat. Sudah ya gak usah diperjelas lagi, kalo begini kan jadi ketahuan bo'ongnya -___-.

Seperti masyarakat perantau pada umumnya, keluargaku memutuskan untuk mudik ke kota Lamongan (eaaaa akhirnya ngaku juga). Sebab, disana adalah kota kelahiran ibu, ayah dan juga mbakku. Kalo aku sih memang asli lahir di Surabaya. Cuman yaaa tetep di dalam darahku mengandung darah campuran Bonek dan Persela. Sehabis sholat ied aku sekeluarga berangkat naik mobil dengan disupiri ayah, sedangkan aku duduk di samping ayah alias di depan, mengingat aku orangnya gampang mabuk perjalanan. Sekitar 1,5 jam perjalanan akhirnya sampai juga di desa Sukodadi sekitar pukul 10.40 WIB. Alhamdulillah yahh nggak macet, sesuatu deh....Oh iya, keunikan dari keluarga besarku adalah semuanya bertempat tinggal di kota Lamongan dan sama-sama terletak di desa yang sama, cuman beda blok saja. Semua keluargaku dari silsilah kakek buyut, adik-adiknya kakek buyut, ipar kakek buyut, kakek yang dari ayah dan kakek yang dari ibu, serta semua anak-anaknya berikut cucu keponakan pakdhenya kakak ipar sepupunya kakek buyutku semuanya tinggal di Lamongan. Jadi ketika lebaran nggak usah jauh-jauh mau silaturahmi, cukup menginap beberapa hari di rumah kakek yang dari ayah, nanti kalo ada waktu luang bisa mengunjungi sanak saudara dengan mengendarai sepeda motor. Oke, kunjungan yang pertama ke tempat kakek yang dari ibu, berhubung kakekku udah meninggal jadi sungkemnya ke nenek. Leyeh-leyeh dulu sebentar trus makan abis gitu foto-foto hehehe :p
Umbrella girl

Setelah itu lanjut ke tempat kakek yang dari ayah. Uniknya disini, jarak antara rumah nenek yang dari ibu dan rumah kakek yang dari ayah cuma sekitar 50 meter. Jadi, istilahnya dulu pas ayah sama ibu masih muda, terlibat cinlok antar tetangga. Trus akhirnya nikah deh sama tetangga sendiri. ciyeeeeeeee :3 hahahahaha. Aku, mbak dan mas memutuskan untuk jalan kaki aja dari rumah nenek ke tempat kakek yang dari ayah. Nah..disinilah tempat yang nantinya aku sekeluarga menginap selama mudik. Soalnya rumahnya kakek yang dari ayah ini luas banget, kalo diitung lebar tanahnya kira-kira selebar 3 x rumah normal, dilihat dari rumah yang ada di depannya. Eh tapiii sayangnya aku lupa motret rumahnya kakek -____-

Setelah sungkem-sengkeman sama sodara-sodara, aku bergegas ganti baju untuk melaksanakan agenda yang pertama, mancing :D. Kolam di rumah kakekku ini setiap setahun sekali mesti dikuras lalu di jaring semua ikan-ikannya. Nah kebetulan untuk hari selasa itu pamanku berniat untuk meminjam diesel untuk menguras kolam. Tapi sebelum alatnya selesai dipasang aku dan sepupuku mencoba memancing menggunakan alat pancing yang dirangkai sendiri dan dengan umpan nasi. Kira-kira mau nggak yah ikannya kalo cuma makan nasi gitu -____-
ini kolam ikannya

ini putri duyungnya
"putri duyung apa ikan duyung nih??" #plaaakk
Yeahh, ikan jaman sekarang pada sombong-sombong yah. Jaman dulu ikan dikasih umpan nasi pake garam aja udah bersyukur banget, kalo sekarang mintanya aneh-aneh, ya minta nasi padang lah, nasi pecel, nasi goreng *ini yang minta ikan apa yang mancing*.

Alat kuras kolam sudah dipasang dan siap untuk dijalankan. Ternyata menguras kolam ikan sedalam ini butuh waktu sekitar 3-4 jam, kira-kira kolam bisa surut tepat pukul 5 sore nanti. Yahhh masak mau panen ikan jam segitu. Akhirnya pamanku memutuskan untuk menghentikan alat kuras tersebut pada pukul 4 sore dan dilanjutkan lagi besok sekitar selesai sholat subuh.

Besoknyaaa..


Pukul 5 pagi telingaku sudah mendengar bunyi pompa diesel yang dijalankan untuk menguras kolam ikan. Berhubung aku lagi halangan, akhirnya tidur lagi deh :D. Setengah jam kemudian aku bangun terus capcus ke halaman belakang. Disana sudah rame para pejantan yang nggak lain nggak bukan adalah sodara-sodaraku sendiri. Hawa di desa pagi itu sejuuuk banget, ditambah suara kicauan burung yang menambah keasrian suasana di desa yang jarang banget aku dapetin di Surabaya. Aku siap aku siap aku siaaaaap, Aku siap menangkap ikaan :D.

para pejantan sedang memasang pompa diesel
ehh yang itu lupa disensor deh -__-

ini semacam threatmen "mandi lumpur" untuk menghaluskan kulit
eh enggak ding, ini lagi nyari berlian di dalem perut ikan
Ternyata aku nggak ikutan jebur ke lumpur. hehehehe. Abisnya dalem banget sih, tingginya sampe seperut gitu. Ntar kalo aku kelelep gimana? Ntar kalo aku gatel-gatel gimana? Ntar kalo volume di dalam kolam tambah besar gimana? Bisa meluber kemana-mana. Ingat hukum Archimedes.

Hasil tangkapan yang didapat lumayan juga. Ikan mujaer, kuthuk, lele, dan sepat dari berbagai ukuran ada disana. Ikan paus juga ada, lha yang ngetik ini siapa lho kalo bukan ikan paus? #plaakkkk. Sementara menunggu, aku mengajak sepupuku untuk mengumpulkan bahan-bahan dari dalam rumah. Ada garam, bawang putih, kunir, kecap, air, baskom, pisau dan nggak lupa korek api. Karna kami pengen bakar ikan :D. Mulai dari membersihkan sisik ikan sepat, mencuci, melumuri garam, bawang putih, kunir dan kecap. Sementara sepupuku bertugas membuat api unggun.
kenalin, ini sepupu guweh
mbaak....mana ekspresinyaaa??
kira-kira seperti ini model ikannya
tiba-tiba kami berdua brasa kayak lagi terdampar di hutan amazon
primitif banget -____-
"tolongin guweh, tolongin guweh, guweh mau dibakaaaaar"
#tabokpakebaskom
minal aidzin walfaidzin ya ikaaaan T.T hiks
Kira-kira seperti itu kegiatan bakar-membakar kami. Lumayan lah hasilnya, ikan bakarnya gurih-gurih gemanaaa getoh. Sebenernya aku kepingin kayak yang di tipi-tipi itu loh, yang kalo pas lagi jelajah trus nangkep ikan abis gitu ikannya dibakar pake cara yang tradisional trus dimakan deh.

Sore harinya, aku liat mas ku bikin layang-layang. Penduduk sini kalo pas musim banyak angin seperti sekarang ini selalu dimanfaatkan untuk bermain layang-layang. Hebatnya anak-anak sini bikin sendiri loh layang-layangnya. Mulai dari bahan sudah ada dimana-mana, secara kan layang-layang dibuat dari bambu sedangkan pohon bambu ada berjuta-juta di tempat ini. Untuk plastik atau kertasnya tinggal beli per-meter di toko-toko. Oh iya selain itu layang-layang juga dimanfaatkan penduduk sini untuk mengusir burung yang memakan padi dan jagung di sawah lho. Dengan memasangnya di tiap sudut dan diterbangkan semalaman. Wah..baru tau ya...

Mas ku memilih gambar orang sebagai bentuk layang-layangnya. Bener-bener telaten banget, mulai dari meraut bambu, menimbang dengan benang, dipotong sama panjang, menggunting kertas layangan, di lem, di umek-umek, di injak-injak, lalu dibuang. Eh ya nggak sebodoh itu deh yaaa,,meskipun diriwuki sama Arya akhirnya jadi juga deh layangannya :D
judul layangannya= Upin Ipin -____-
Setelah layangan "Upin Ipin" jadi, trus capcus ke sawah sama mbak, mas dan Arya. Niatnya pengen main layangan di sawah. Ternyata banyak juga lho anak-anak penduduk sekitar yang mainan layangan di sawah. Sementara mas dan Arya jadi 4LaY (Anak Layangan), aku dan mbak pergi ke ladang jagung. Di sekitar ladang jagung milik kakek banyak ditanami tanaman lombok. Akhirnya mbak yang petik jagungnya dan aku yang petik lomboknya...
mau? :D
eaaaa kalo yang ini namanya "Jagung Manis" :p
 Lumayan yahh kalo begini, nggak usah ke pasar beli lombok dan jagung. Tinggal petik dan dimasak. Jadi deh...

Upin Ipin ketika di langit
Jam 5 sore tepat aku balik ke rumah kakek. Setelah itu tidak ada lagi kegiatan untuk malam harinya. Hanya nonton tipi setelah itu tidur, begitu juga dengan keesokan harinya. Karena pukul 10 pagi aku sekeluarga langsung capcus balik ke Surabaya :)))

Liburan Mudik yang menyenangkan...
INI CERITAKU, APA CERITAMU?? :D

6 comments:

  1. aku nggak mudik :(
    ini ceritaku .. hehe

    oyaa, shoutmixmu manaa --"

    ReplyDelete
  2. hahahaa...nice...
    seru banget liburannya mbak....
    aku dari dulu kalo ke blitar (tempat kakek nenek dr ayah) selalu merengek minta main ke lamongan..tapi sampai skrng gagal terus...hahahaha
    Semoga ramadhan taun ini termasuk ramadhan terindah buatmu yah mbak...salam kenal drku...
    oiya..kalo sempat..mainlah ke blog akuu...^__^

    ReplyDelete
  3. gak ada cerita apa-apa, he... gak mudik :( :surabaya aseli:

    `Ied Mubarok...

    ReplyDelete
  4. @Lana : huaa cupcup sayong..entar ikutan mudik aja ke kampungku yg di kutub utara hahaha
    sori baru bales ya lan, shoutmixku waktu itu amburadul gara2 ganti background -___-

    ReplyDelete
  5. @nick : huaaa kamu juga punya desa di LA kah? ayook kapan2 ketemuan :D
    Salam kenal juga yaa..ntar kalo ada waktu buuanyak ku pasti main2 di blogmu *kisshug

    ReplyDelete