Friday, April 30, 2010

hari ini akan ku kenang selalu

30 april 2010

hari ini mungkin bagiku adalah hari yang sangat aku tunggu, bisa dibilang hari penentuan masa depanku . udah hampir sebulan, hariku jadi gak tenang karna nunggu tanggal 30 april ini . apalagi mendekati hari H nya, semakin deg-degan gak karuan . memang sih aku berharap hari itu menjadi hari bahagiaku nantinya . dan aku berharap semua pengorbananku slama ini gak sia-sia .

hari ini jumat, 30 april 2010 adalah hari pengumuman PMDK Reguler ITS . bisa ditebak kalo aku berpartisipasi dalam seleksi ini . sebulan yang lalu aku mendaftar, dengan waktu yang hampir mendekati batas akhir pendaftaran . awalnya aku gak yakin dengan usahaku, namun semangat dari salah satu guruku mengantarkan aku untuk tetap maju dan berjuang . alhasil aku tetap mendaftar dengan sedikit tergesa-gesa pula . minta legalisir ijazah, mengurus administrasi sampai minta ijin ke sekolah untuk membayar biaya PMDK di bank BNI waktu itu, dengan cuaca yang sangat panas, sudah gak terasa lagi karna semangatku ingin kuliah .

saat-saat menjelang kelulusan SMA pun tak membuat aku takut . jujur, rasa deg-degan sedikitpun gak ada dalam batinku . yang terpikirkan olehku waktu itu adalah ingin cepat bertemu dengan hari jumat . agar rasa was-was ini hilang, terbayar dengan rasa puas dan bahagia . karna saking yakinnya bisa ketrima disana, akupun tak mengambil satupun kesempatan kerja yang diberikan oleh sekolah . semacam rekrutmen pegawai dari beberapa perusahaan farmasi terkemuka . padahal kesempatan itu banyak dimanfaatkan oleh teman-teman karna gajinya yang lumayan besar bagi seorang siswa yang baru lulus dari SMK . akhirnyapun kesempatan-kesempatan itu kandas, tak satupun kucoba .

hari-hari menjelang pengumuman semakin dekat, rasanya batin ini sudah gak karuan . deg-degan, takut, pede, seneng, dan lain-lain . berbagai feelingpun sempat terjadi . aku pernah memimpikan akan lolos PMDK ITS sebanyak 3x . dan mimipi-mimpi itupun terasa nyata . aku sempat gak mau bangun dari mimpi itu . beberapa temanku pun juga banyak yang memberi motivasi agar aku sukses diterima PMDK . semua itu terasa menyenangkan, membuatku terharu dan sangat membuat aku bersemangat untuk maju .

berbagai cara telah aku lakukan untuk memanjatkan doa pada Yang Maha Kuasa, salah satunya sholat Hajat, dan aku juga sempat ber-nadzar apabila diterima aku akan puasa selama 1 bulan penuh . tapi, meskipun manusia telah berusaha penuh dan berdoa, namun yang menentukan semuanya adalah Alah SWT . pada hari H pengumuman aku tetap masuk sekolah, dan bisa ditebak aku semakin deg-degan menanti pukul 12 siang . dan ketika pukul 11 siang, aku memutuskan untuk pulang ke rumah . dalam perjalanan pulang pun, aku tak henti-hentinya berdoa dan berikhtiar . aku mengendarai motorku dengan sangat pelan dan lain dari biasanya . sampai rumah aku langsung ganti baju, cuci kaki, berwudhu lalu menunaikan sholat dhuhur . setelah itu aku pamit ke ibuku untuk pergi ke warung internet . di dalam perjalanan menuju warnet pun serasa lari marathon . nafas rasanya tersengal-sengal, jantung seperti orang habis dikejar-kejar . dan ketika sampai di warnet dan berhadapan dengan komputer gak lupa aku membaca bismillah dan melanjutkan membuka website ITS . aku mulai memasukkan nomor pendftaranku dan hasilnya . . . "MAAF NOMOR PENDAFTARAN 7101102942 TIDAK DITERIMA" . . . deg !! jantung serasa berhenti . aliran darah pun serasa tak mengalir lagi . sakit memang, yang terpikir waktu itu hanyalah sebuah kata "GAGAL" . dan itu cukup membuatku shock dan sesak . padahal aku gak punya riwayat sakit sesak napas .

cukup lama aku memandangi layar komputer tanapa melakukan aktivitas apapun selain bernapas . rasanya waktu itu seperti ingin mati saja . aku GAGAL, aku GAGAL, aku GAGAL . . hanya itu perkataan yang terlontar dari hati . aku harus bilang apa sama ibu, ayahku tentang semua ini ? mereka sangat mengharapkan agar aku diterima . mereka tak henti-hentinya menanyakan kabar pengumuman itu . aku sendiri pun merasa bersalah, aku hampir menyalahkan diri sendiri . aku BODOH, aku TOLOL, aku GAGAL . . lagi-lagi kata-kata itu yang terucap . aku harus bilang apa sama temen-temenku yang udah support aku sampai tadi siang terakhir bertemu di sekolah . apa yang harus aku katakan ???

kegagalan untuk kedua kalinya ini sangat menyakitkan, sungguh . yang pertama pun sudah bisa aku lupakan . semenjak pengumuman PMDK Prestasi UNAIR yang dari sekolahku tak lolos satupun . aku sempat sakit hati, aku marah, aku gak terima . dan sekarang terulang lagi .

mungkin kali ini aku harus bangkit dari kegagalan ini . aku harus bisa kuat berdiri untuk melanjutkan perjalanan hidupku . aku gak boleh menyerah . aku harus semangat meraih cita-cita setinggi mungkin . aku harus semangat untuk menembus SNMPTN, meskipun aku gak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah . itu salah satu kesalahanku, terlalu yakin dengan apa yang belum pasti .

pelajaran yang bisa didapat dari kisahku ini :
1 kita gak boleh terlalu yakin dengan apa yang belum tentu terjadi
2 pikirkan terlebih dahulu sesuatu sampai benar-benar matang sebelum mengambil keputusan
3 berdoa dengan ikhlas, berikhtiar adalah salah satu usaha yang baik dilakukan ketika kita menginginkan hajat kita terkabul
4 jangan pernah membayangkan sesuatu yang belum terjadi, karna kemungkinan sesuatu itu tak akan pernah terwujud atau malah sebaliknya
5 sholat hajat dan ber-nadzar adalah usaha yang baik dilakukan agar insya Allah hajat kita bisa terkabul
6 menjaga sikap selama kita memilki hajat, karna suatu hajat bisa terhalang apabila kita memiliki akhlak yang buruk
7 terus beroptimis (bukan terlalu yakin) artinya tak pernah menyerah dan tetap berpositif thinking

itu semua adalah poin-poin penting yang bisa dilakukan ketika memiliki sebuah hajat agar bisa dikabulkan . untuk saat ini mungkin aku masih setengah shock dan sedikit sesak . aku harap ini bisa cepat sembuh dan bisa kembali seperti semula .

AKU HARUS MAMPU BERDIRI, MENGEJAR IMIPIANKU, CITA-CITAKU, DEMI MEMBUAT ORANG TUAKU BAHAGIA
AKU GAK BOLEH MENYERAH, AKU HARUS SEMANGAT, AKU AKAN MEMBUKTIKAN BAHWA MIMPIKU INI TAK SEKEDAR MIMPI SAJA TAPI AKAN MENJADI REALITA

SEMANGATTTTTTT !!!!!!!!!

No comments:

Post a Comment