Wednesday, November 3, 2010

GBPT, satu bulan dengan sejuta kisah suka dan duka

Gara-gara es dawet yg barusan aku minum, jadi inget masa-masa perjuanganku kerja di RSUD Dr.Soetomo. Dulu, tiap sore sekitar jam 3 an aku dan teman seperjuanganku, Ajijah slalu mencoba mencuri kesempatan untuk melepas penat dengan jalan-jalan keliling komplek rumah sakit. Biasanya sembari ngobrol tentang suasana kerja di hari itu. Kami pun biasanya nongkrong di depan Lapangan Dharmahusada, entah itu beli bakso dan es dawet ayu, atau sekedar cerita-cerita saja sampai 1 jam. Padahal, kami nggak ijin dulu sama bu Nanik sang Apoteker ataupun karyawan lain. Males, mereka loh overlebay. Mentang-mentang kami anak baru, apa-apa gak dibolehin. Apalagi sama aku, mereka semua sangat sensi. Diantara kelima anak baru, hanya aku yg sering dijuteki. Entah kenapa. Tiap aku ada kesalahan pas ngerjain sesuatu entah itu melayani resep atau melayani keluarga pasien, mereka gak segan-segan menyindir. Atau ngomong gak enak di belakangku. Aku bosan tiap hari digituin, aku ini niat kerja buat cari pengalaman, bukan cari musuh. Susahnya beradaptasi di tempat jahannam itu. GBPT, yaah GBPT adalah Gedung Bedah Pusat Terpadu. Sebuah gedung yg terletak di belakang pas Graha Amerta, jika dilihat dari kampus B UNAIR. GBPT adalah sebuah gedung khusus diperuntukkan pasien yg akan menjalani operasi maupun pasien kritis. Gedung ini terdiri dari 6 lantai. Lantai UG atau dasar sebagai pusat informasi atau pendaftaran pasien yg akan menjalani operasi. Lantai 1 ada depo Farmasi tempat ku bekerja dulu. Disini adalah pusat dari semua pelayanan obat dan alkes untuk kebutuhan operasi. Lantai 3 ada ruang ICU, ICCU dan NICU. Lantai 4, 5, 6 adalah tempat untuk operasi dengan berbagai tipe operasi. Paling enak dan paling berat kalo dapet tugas jaga di lantai 4, 5 atau 6. Karena dari semua operasi di lantai itu, seorang AA lah yg bertanggung jawab memegang kendali sebagai pelayan alkes untuk operasi. Tapi enaknya, disitu bebas banget. Mau ngapa-ngapain gak ada yg ngatur, gak ada yg ngomelin, beda bgt sama di lantai 1. Depo Farmasi sesempit itu harus diisi oleh sekitar 20 an makhluk berbisa. Mengenaskan.. Apalagi kalo pas si Nanik lagi ngomel-ngomelin seluruh makhluk disitu, tambah bikin semakin kayak neraka aja tempat itu. Belum lagi harus ngliat makhluk yg sering sensi ke aku, si HaniF*ck. Beuh, tambah sepet aja nih mata. Apalagi dulu aku sempet denger kabar gak enak dari mulut salah satu makhluk Depo kalo aku makan gaji buta. Karna aku sering nambah jam lemburku karna memang ada sesuatu yg harus diselesaikan. Niatku bukan cari uang lemburan, tapi aku memang pengen bantuin menata obat-obat yg baru dikirim. Aku nambah jam lembur pun juga gak nganggur, pasti ada sajalah yg aku kerjakan. Mereka pikir semua uang lemburku adalah hasil tidak halal, alias mempermainkan jam lembur. Masya Allah..aku difitnah!

Dulu sekitar 2 minggu sebelum aku keluar, aku sempet ditugasin jaga di OK 4, 5 dan 6 secara gantian. OK adalah sebutan Kamar Operasi di lantai 4, 5 dan 6. Pikirku asyik lah, ketimbang sumpek-sumpekan di Lantai 1. Dan ternyata benar, di OK sangat enak. Mbak-mbak AA nya sabar bgt, gak kayak di Lantai 1. Wah, pikirku aku bakal betah di tempat ini. Meskipun nanti pada akhirnya setelah OK tutup pun aku harus kembali ke lantai 1 sampai jam kerjaku di hari itu habis. Keempat teman seperjuanganku yg juga sama-sama 1 sekolah denganku juga ngaku kalo makhluk-makhluk di GBPT sangat kontras. Ajijah sempat gak betah, dan kepingin pindah, dia ditugasin di ruang ICU. Anjar dan Aisyah ditugasin khusus di lantai 1. Dulu aku paling deket sama Anjar, karna memang jam kerjaku selalu bareng dia. Lagian disana siapa lagi yg aku ajak ngobrol kalo bukan sama Anjar, temenku sendiri. Kamipun awalnya enjoy-enjoy aja dengan keadaan di GBPT. Kami juga nggak peduli dengan sindiran-sindiran yg mengarah pada kami waktu itu. Ada salah satu makhluk jahannam di GBPT yg menyebarkan gosip kalo aku jadian sama Anjar. Hanya karna tiap maghrib kami selalu minta ijin keluar buat beli makan. Sampai suatu waktu aku dan Anjar pernah disindir HaniF*ck "kalo beli makan itu 1 orang aja, di depo loh gak ada orang". Padahal di dalem depo masih ada sekitar 7 orang. Anjar, Ajijah dan Aisyah juga tau kalo aku adalah anak baru yg paling dibenci sama Hanif*ck. Mereka memberiku nasihat dan semangat untuk terus lanjut kerja disitu. Karna kami berempat masuk situ bareng, suka duka dirasain bareng, maka kalo bisa terus disitu sampai lama. Tapi apa daya, aku harus mengejar cita-citaku. Tahun ini aku harus kuliah. Ditambah lagi keadaan yg kurang mendukungku untuk membetahkan diri bekerja di tempat itu. Akhirnya setelah aku menerima gaji pertamaku, aku memutuskan untuk GET OUT dari tempat JAHANNAM itu.
Dan alhamdulillah, Allah telah menggantikan kesempatan kerja yg kutinggal karna tekanan itu dengan kesempatan diterimanya aku di UNAIR, sehingga taun ini aku benar-benar bisa kuliah :)


Maafin aku yah Ajijah, Anjar dan Aisyah, aku gak bisa bareng-bareng kalian lagi. Makasih karna kalian dulu pernah ngasih aku semangat dan bilang jangan pernah menyerah ketika aku lagi Down karna masalah-masalah tadi. Aku seneng punya partner seperti kalian. Kalian yg rajin yah kerjanya, tetep semangat dan jangan putus asa seperti aku ini :')

No comments:

Post a Comment