Saturday, July 17, 2010

:') saya tersenyum sambil meneteskan air mata

malam ini, 16 Juli 2010 bisa dipastikan menjadi hari deg-degan seluruh Indonesia . pasti anda sudah mengetauinya .. YA !!. karna kurang dari 24 jam pengumuman SNMPTN 2010 serentak akan ditampilkan di website resmi nya, tepatnya pukul 24.00 WIB atau 17 Juli 2010 pukul 00.00 WIB .. hemm langsung aja ya, jujur saya tidak diterima. karna saya sudah menyadari hal itu ketika pertama kali mendaftar online. keseriusan saya dalam mengikuti even ini minim, hanya 10-15%. ditambah lagi waktu itu saya sempat bekerja di sebuah RSUD untuk mengisi liburan. waktu belajar saya pun amat sangat minim sekali, bahkan bisa terhitung cuma 3x. terang saja gak ketrima. hehehe. namun memang saya akui, selain faktor diatas juga disebabkan doa saya yang kurang, mengingat sholat saya amburadul waktu itu, dan jarang ngaji lagi. lengkap sudah semuanya, dan akhirnya inilah hasilnya :)

kecewa, PASTI. marah, NGAPAIN. seneng, LHA LAPO. hadeeh -.-
tapi untung, saya sempat berdoa kepada Tuhan biar nanti pas pengumuman trus saya gak ketrima, Tuhan ngasih saya kesabaran+kekuatan+semangat. dan itu saya rasakan sekarang. mengingat ketika pengumuman PMDK ITS waktu itu sempat membuat saya shock berhari-hari dan menjudge diri sendiri bahwa saya adalah ORANG PALING BODOH SELURUH DUNIA. kata-kata itu cukup membuat saya miris, mengingat waktu saya berkata itu saya dalam keadaan yang labil, dan ketika saya sudah sadar betul saya pun menarik ucapan itu kembali (tak sedot balik). kini saya semakin mengerti arti dari kegagalan ini. 3 kesempatan telah saya pergunakan namun semuanya tidak berpihak kepada saya hanya karena saya tak mempergunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin. saya sadar saya egois, sombong, kePEDEan, acuh, menganggap enteng, bahkan saya ini pemalas nomor satu dirumah. semua ini menghambat saya untuk sukses. doa pun tak segencar waktu dulu.

saya mencoba flash back ke masa lalu. ketika saya masih di Taman Kanak-Kanak saya terkenal pintar dan rajin oleh guru saya (ehm..nyombongin dikit). bahkan saya TK hanya 1 tahun. lulus pun dapat predikat siswa teladan, dan saya masih ingat waktu itu saya mendapat trophy dan mengenakan baju wisuda. benar-benar gak nyangka:') masih kecil tapi udah dapat penghargaan kecil-kecilan bagaimana kalo besar nanti :). ketika duduk di bangku sekolah dasar, selama 6 tahun pun saya tidak mengecewakan. terbukti, saya lulus SD dengan meraih nilai UKM tertinggi, waktu itu 5 pelajaran yang diujikan, dan nilai saya 47,54. sungguh bangga memang, padahal biasanya di kelas saya hanya mendapat peringkat 3 dari 52 siswa. sebuah keajaiban dari Allah SWT bisa mengalahkan teman saya Dimas, yang selalu langganan jadi peringkat 1. menginjak bangku SMP, ketika kelas 1 saya mendapat peringkat 1 di kelas disusul ketika kelas 2 peringkat saya merosot menjadi 4 dan ketika kelas 3 menjadi peringkat 16. hehehe. mungkin karna saya mulai kena dampak globalisasi, jadi agak ndableg:D. tapi saya lulus dari SMP juga tidak terlalu mengecewakan. nilai UNAS saya 27,80 dari 3 mata pelajaran. dan bisa dilihat kesuksesan-kesuksesan kecil milik saya di masa lalu tak pernah lagi saya rasakan. padahal jika saya memutar ingatan saya untuk kembali ke masa itu saya akan berkata : "betapa bangganya ibu saya waktu itu". dan sekarang pun saya ingin meneruskan kesuksesan kecil milik saya itu!. saya sadar, dulu usaha saya nyata. saya rajin belajar, berdoa, nurut, taqwa, semangat, dan optimis. kenapa poin-poin itu tidak saya lakukan lagi?. kenapa justru sekarang saya melakukan kebalikan dari poin-poin itu?.

dan ketika pikiran saya ini telah terbuka, saya sadar bahwa untuk mencapai sukses, seseorang tak mungkin mendapatkannya secara instant. pasti ada usaha dibalik itu. yaa saya sadar saya kurang usaha. ini membuka pemikiran saya...
hmm..saya akan berusaha lebih keras untuk kesempatan-kesempatan selanjutnya. saya yakin Allah akan menunjukkan jalan saya, mengantarkan saya menuju cita-cita, dan menemani langkah saya dalam menggapai kesuksesan. aminn Ya Rabb..
jadikan kegagalan saya ini untuk yang ketiga kalinya sebagai semangat dan optimis untuk menjalani 2 kesempatan berikutnya... Insya Allah D3 ITS atau D3 Unair:)
terima kasih karna Engkau malam ini memberikan saya kekuatan dan ketegaran. juga semangat, keoptimisan dan senyuman ikhlas:)
terima kasih Ya Allah, hamba percaya kuasaMu:)

1 comment:

  1. jangan sedih, jangan lelah berusaha
    kamu rajin mengaji khan dek, pernah ga menemukan kata-kata indah didalam al-Qur'an?, salah satu yang aku temui "manusia akan mendapatkan apa yang ia usahakan"
    cerminan inilah yang harus kamu ilhami bahwa demi mendapatkan sesuatu kamu juga harus berusaha seberat dan semaksimal mungkin. jadikan lah kegagalan sebagai pembelajaran paling penting, karena kerendahan hati dan keinginan untuk tidak ingin gagal lagi itu yang menjadikan semangatmu berkali-kali lipat lebih banyak..selalu semangat , selalu berusaha , dan selalu berdoa

    ReplyDelete