Thursday, May 19, 2011

pengaplikasian sebuah mata kuliah praktek, hehehe :D



PERINGATAN : DON'T TRY THIS AT YOUR HOME, kalo emang ilmunya belum mencukupi :p

Jadi begini, simple aja ya. Akhir-akhir ini komputerku jadi agak ngehang gitu. Tiap sehabis menyalakan power CPU mesti muncul bunyi "tiiiiit.....tiiiiiit.....tiiiiit....." terus menerus dan nggak berhenti. Alhasil aku yang orangnya parno terhadap sesuatu yang mencurigakan jadi langsung histeris lalu pingsan (eh, lebay ya). Mungkin karena suaranya yang nyerempet-nyerempet dikit sama suara bom waktu kali ya. Jadi, setelah mengetahui kalo si kompi lagi ngambek kayak gitu, langkah pertama yang biasanya aku ambil adalah "memeriksa kabel/port apakah terhubung dengan baik dan benar". Mulai dari kabel stafold hingga bagian port komponen CPU seperti port PS/2 (keyboard dan mouse), port paralel, serial dan audio yang terhubung di bagian belakang CPU. Setelah mencabut lalu memasang kembali sesuai dengan bagian-bagiannya, kemudian aku menyalakan komputerku kembali seperti biasanya. Kalo  ngambeknya udah kelar, si kompi bisa langsung hidup kembali dan memunculkan Windows homescreen, berarti gangguan terletak pada pemasangan kabel yang kurang rapat. Oke nggak masalah. Tapi kalo yang akhir-akhir ini beda dan aneh, setelah melakukan kegiatan mencabut-memasang kabel, kemudian dihidupkan kembali, si kompi tetep mengeluarkan bunyi "tiiiiiit....tiiiiiit" terus menerus. Setelah aku ingat-ingat tentang sistematis menyalakan komputer, biasanya setelah menekan tombol power di CPU akan muncul bunyi "tiit" satu kali, dibarengi oleh nyala LED LOCK di keyboard (di pojokan sebelah kanan atas yang warna ijo-ijo itu loh). Tapi yang terjadi kok malah bunyi "tiiiiit" berulang-ulang dan di monitor muncul tulisan "please check your port cable". Healaaaah aku langsung menebak kalo terjadi gangguan pada port keyboard. Ternyata benar, setelah aku utak-atik port keyboard di belakang CPU (yang terletak di sebelah port Mouse) sebanyak puluhan kali dengan cara mencabut-memasang kembali sampai muncul bunyi "tiiiit" satu kali, akhirnya kompi bisa nyala lagi :D.

Nah, kalo yang kemarin malah lebih ekstrim lagi. Karena muncul gangguan yang sama seperti diatas, aku kembali membetulkan kabel keyboard dengan cara yang sama pula. Tapi dodolnya aku lupa kalo itu pas malem, dimana keadaan saat itu banyak lampu serta listrik yang bekerja alias menyala di rumah. Mulai dari lampu, televisi, kulkas, magic jar, sampai charger handphone. Mungkin karena nggak kuat nahan tegangan untuk serumah, ketika aku menekan tombol stafold, tiba-tiba listrik seisi rumahku langsung padam. Heaaaaaaaaa -_____-. Alhasil aku langsung dimarahi ibuk habis-habisan.



Kalo menyerah sampai disini aja, bukan Dinda namanya. Soalnya aku butuuuh banget kompi buat ngirim tugas Prokom. Akhirnya aku memutuskan untuk membetulkan komputerku nanti pada waktu orang rumah sudah terlelap alias tengah malam! Kan lumayan listrik rumah pada mati, dan hanya beberapa saja yang bekerja, jadi si stafold nggak kewalahan lagi deh :). Tepat pukul 02.30 WIB aku bangun untuk melaksanakan mission possible-ku. Sebelumnya sholat tahajud dulu biar semakin lancar. Setelah itu mulai beraksi. Diawali dengan mencabut komponen kabel di belakang CPU, kemudian memasangnya kembali, dan menyalakan tombol power pada CPU, daaaan hasilnyaaaaaaaa.......TETEP NGGAK BISA :(

Dengan segala keberanian dan keteguhan hati yang mendalam, akhirnya aku memutuskan untuk membongkar CPU itu -___-. Ini pertama kalinya sodara-sodara. Diawali dengan bacaan bismillah dan surat al-fatihah, dan dengan berbekal ilmu dari mata kuliah semester satu lalu yaitu Praktikum Dasar Komputer dan tentunya sebuah obeng aku mulai membuka kerangka CPU untuk memeriksa bagian dalamnya. Dan inilah penampakannya :

banyak kabel mbulet-mbulet

obeng yang berjasa :D
Kondisi bagian dalam CPU ternyata sangat kotor, masya Allah -____- sudah berapa tahun ini nggak pernah dibersihkan. Dengan segenap kepedean dan doa, setelah memeriksa beberapa socket, apakah sudah tersambung dengan benar pada perangkat motherboard, kemudian mulai memeriksa port  PS/2 yaitu keyboard dan mouse. Ternyata agak sedikit longgar dan kurang nancep ke dalam. Setelah dirapatkan kembali baru aku coba pasang kabel di port paralel, serial dan PS/2. Kemudian sambil deg-degan gak karuan aku tekan tombol power CPU dan taaraaaaaaaaaa ........ :D :D :D


si kompi udah nggak ngambek :)

Huaaaaaa rasanya terharuuuu banget :'D
Baru pertama kali eksperimen pake kompi sendiri...
ini sejarah baru, ini pengalaman amazing saya :D hahahahahahahahaha luuuuebay



bisa nyala lagi :D

Lain kali aku usul ke ibuk kalo di sebelah papan tulisan "Dinda Cell" ntar dipasang lagi papan bertuliskan "Dinda(dot)Comp, menerima servis komputer, laptop, monitor dan TV serta memberikan tutoring servis"

HAHAHAHAHA gak jelaaaassss :D

1 comment:

  1. mene aku mbukak "Kriwul Publisher", penerbit buku-buku sastra dan khusus sastra.
    hehehe

    ReplyDelete