Saturday, December 11, 2010

Rossy Goes to Campus "INDONESIA TANGGUH!"

Acara ini diselenggarakan di Universitas Airlangga pada hari Sabtu, 11 Desember 2010 pukul 13.00 WIB. Bertempat di Auditorium Kampus C UNAIR. UNAIR adalah kampus ke-3 yg dikunjungi oleh Rosiana Silalahi dalam acara Goes to Campus setelah kampus UI dan IPB. Sebagai pembuka acara menampilkan Tari Saman yg dipersembahkan oleh mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi UNAIR. Rossy tampil mengenakan blues tak berlengan berwarna putih, juga celana kain berwarna putih, dipadu syal warna merah yg melingkar di lehernya. Rossy muncul di tengah audience yg bertempat duduk di lantai 2. Seketika seluruh audience yg rata-rata mahasiswa langsung bersorak riuh menyambut kedatangan Rossy. Setelah menyampaikan sambutan hangat kepada audience, Rossy mengundang narasumber yg pertama untuk maju ke atas panggung. Yang pertama adalah Bapak Rachmat Gobel sebagai Presdir PT. PANASONIC Corp, seorang pengusaha yg berjiwa nasionalisme. Beliau membagi kisahnya kepada audience tentang perjalanan karirnya hingga menjadi seorang Presiden PANASONIC. Sedikit kisah tentang Bapak Gobel, bahwa waktu kecil beliau pernah bekerja sebagai pembersih toilet. Hingga tongkat estafet kepemimpinan itu diserahkan oleh ayahnya kepadanya pada usia 22 tahun ketika beliau sedang belajar di Negeri Sakura.

Narasumber kedua Rossy yaitu Yenny Zanuba Wahid. Putri (alm) Abdurrahman Wahid yg juga menjabat sebagai ketua PKB. Lulusan Harvard University USA itu tampil dengan mengenakan atasan berwarna merah dipadu celana kain berwarna krem dan juga kerudung krem, menyapa audience di dalam Auditorium dan meneriakkan "Indonesia Tangguh". Dan pembicaraan dilanjutkan dengan tanya jawab via Twitter oleh audience yg dikirimkan pada akun Twitter milik Rossy www.twitter.com/RosiSilalahi.

Narasumber ketiga adalah pengusaha keturunan Cina yg sukses di Indonesia yaitu Ahok. Dilanjutkan narasumber keempat yaitu Dr. Daniel Sparingga, Staff Khusus Presiden SBY yg kebetulan adalah Alumni Universitas Airlangga, jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB).
Keempat orang super tsb diajak berbincang-bincang oleh Rossy mengenai satu tema "Bagaimana cara mengubah Indonesia menjadi Indonesia Tangguh". Dimulai dari Ahok yg menjelaskan kenapa Indonesia mayoritas adalah orang islam tetapi kenapa kelakuannya tidak islami, dan sampai negara kita menjadi salah satu negara terkorup di dunia. Untuk mengubah Indonesia diperlukan moral yg baik dan juga harus tertanam pada masing-masing rakyat Indonesia. Pak Gobel menjawab untuk mengubah Indonesia maka kita harus memperkuat Perindustrian di Indonesia. Karna Perindustrian adalah tolak ukur kesuksesan suatu negara. Bu Yenny menjelaskan untuk mengubah Indonesia diperlukan mental yg kuat, sehingga akan didapat pemimpin yg jujur dan tidak melakukan perbuatan tercela di dalam pekerjaannya.

Perbincangan yg berdurasi sekitar 90 menit tersebut dilanjutkan dengan breaktime yg diisi oleh penampilan Paduan Suara Universitas Airlangga yg mempersembahkan 2 buah lagu, Rek Ayo Rek dan Surabaya. Setelah itu acara dilanjutkan kembali dengan perbincangan Rossy dengan keempat tamu super tadi. Sekitar pukul 15.06 kampus UNAIR kedatangan wakil gubernur Jawa Timur,

Rossy mengajak audience untuk berhenti memandang Indonesia sebagai sisi Negatif dan memandang Indonesia sebagai sisi Positif. Kemudian Rossy menunjukkan gambar-gambar reality wajah Indonesia kini. Macet, Sampah, Bencana, Banjir, Kebakaran, itulah yg setiap hari dibahas dan menjadi sisi buruk Indonesia yg selalu ditampilkan. Padahal negara kita punya banyak keindahan yg selayaknya ditampilkan. Rossy berkata "jika kalian adalah mahasiswa yg peduli terhadap Indonesia, jika kalian ingin mewujudkan Indonesia Tangguh log in ke www.indonesiabetter.com"

Setelah itu Rossy mempersilahkan Pak Syaifullah selaku Wagub Jatim untuk menyampaikan sedikit kesan dan pesannya. pak Ipul (panggilan Pak Syaifullah) mengungkapkan kebanggaannya terhadap Mahasiswa Universitas Airlangga sebagai dalang dalam mewujudkan Indonesia Tangguh. Pak Ipul berpesan kita harus menjadi Indonesia yg lebih baik agar dapat bersaing dengan negara lain.

Penampilan selanjutnya oleh mahasiswa UNAIR yg tergabung dalam UKM Wanala, beratraksi mengambil bendera Unair yg dipasang di atas gedung.
Di pengujung acara Rossy Goes to Campus INDONESIA TANGGUH! menampilkan Glenn Fredly membawakan 7 buah lagu, tapi aku hanya tau judul lagu yg ketiga 'Terpesona' dan lagu keempat Rasa Sayange. hehehe :p

Acara Rossy Goes to Campus di Universitas Airlangga berlangsung dengan meriah dan sukses :D

No comments:

Post a Comment