Thursday, July 14, 2011

Papercraft pertamakuuuu :D

Kali ini aku akan bahas mengenai sesuatu AMAZING yang baru pertama kali aku buat, yaitu PAPERCRAFT. Udah tau papercraft kan? Itu lho, seni menggunting, melipat dan menempelkan kertas membentuk suatu pola yang nantinya akan menghasilkan objek berbentuk tiga dimensi. Papercraft bisa dibilang pengembangan dari origami. Kalo origami kan melipat kertas jadi bentuk dua dimensi, nah kalo papercraft ini bentuknya bisa dibilang hampir mirip bahkan sangat mirip dengan benda aslinya. Nah, di postingan kali ini aku nggak akan bahas cara membuat papercraft atau menyuguhkan macam-macam bentuk papercraft. Hanya saja aku akan menceritakan apa dan bagaimana bentuk papercraft pertamaku, ini diaaa ....


Sebenarnya ide membuat papercraft adalah hal terkonyol yang pernah aku pikirkan. Gimana nggak konyol, aku yang orangnya grusah-grusuh dan nggak telatenan kayak begini tiba-tiba mikir untuk bikin papercraft sebagai hadiah ulang tahunnya mas Adit -____-. Tapi kuanggap ini sebagai tantangan, toh aku juga belum pernah bikin papercraft dan aku pikir-pikir biar kesannya kadoku so sweet gitu karna bikinnya susah -___-. So sweet nggak so sweet tetep aja susah karna ini pertama kalinya dalam hidupku bikin papercraft u.u.


Awalnya sempet bingung memilih bentuk apa yang akan aku buat. Beberapa ide yang sempat tercetus adalah bentuk seorang anak laki-laki, nantinya aku desain anak laki-laki itu mirip sama mas Adit, mulai dari bentuk rambut, pakaian, celana jeans, sepatu sampai bentuk muka juga agak dimirip-miripin. Tapi kendalanya, setelah aku browsing di internet ternyata aku nggak nemu tutorial atau software khusus untuk membuat papercraft manusia. Mau nggak mau aku harus cari ide lain. Hmm mulai memikirkan bentuk sebuah bangunan. Tiba-tiba tercetus ide "Menara Eiffel" :D UYEAH! Sejak SMP aku suka banget sama kota Paris dan aku pengen banget bisa kesana :'). Trus aku coba searching di internet dan ternyata nemu software khusus yang berisi bentuk mentahan dari Menara Eiffel yaitu semacam pola-pola kertas berwarna yang nantinya digunting, dilipat trus ditempel jadi satu membentuk Menara Eiffel. Oh iya, software yang berisi bentuk mentahan dari suatu papercraft yang paling banyak ditemukan di internet biasanya buatan asli dari Canon. Dan untuk menjaga hak cipta dari Canon maka setiap papercraft yang dia desain selalu disertakan tulisan Canon pada bahan papercraft tersebut.


Bentuk file yang aku download ini berformat .pdf. Terdapat dua bentuk atau kondisi Menara Eiffel, yaitu Menara Eiffel waktu siang dan malam. Aku pilih waktu malam, karena warnanya lebih cerah karena seakan-akan ada banyak lampu yang menyala di tubuh Menara Eiffel. Oh iya, tenang saja, di file itu juga disertai tutorial cara membuatnya kok. Jadi kita tinggal mengikuti petunjuk-petunjuknya. Satu hal yang harus diingat ketika ingin membuat papercraft adalah pilihlah kertas yang lumayan tebal dan kuat. Biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan kertas foto karena hasilnya lebih mengkilap dan kuat. Oke, dan aku juga memilih kertas foto untuk papercraftku kali ini ^^,


Pertama-tama yang aku lakukan adalah berdoa. Ya, berdoa sebanyak mungkin. Jangan sampe ada yang salah, soalnya ngeprint-nya mahal T.T. Untuk satu hasil cetakan dihargai Rp. 1000,- total ada 24 lembar, jadi untuk membuat papercraft Menara Eifel ini setidaknya membutuhkan biaya Rp. 24.000,-. Jumlah ini nggak termasuk sama harga sebuah ketelitian, kesabaran, dan keuletan dalam merangkai papercraft ini -______-. Setelah itu menyediakan alat-alat yang diperlukan yaitu: Gunting, lem, silet, pensil, penggaris, penghapus, camilan sebanyak mungkin, air minum, lotion anti nyamuk, sabar, ikhlas, nerimo dan tabah (oke, ini lebay). Trus aku mulai mengerjakan kegiatan menggunting. Sebelumnya aku memahami tutorialnya dulu pelan-pelan sambil menggunting bahan secara urut dan mulai melipat serta menempelkan. Sumpah, kalo nggak gara-gara kado ultah mungkin aku udah nyerah T.T. Bener-bener membutuhkan kesabaran serta keuletan tinggi karena melipat kertasnya kecil banget, udah gitu jari-jariku ini jempol semua (curhaaat).


Daaaan jeng jeng jeng jeeeeeenggg...setelah menempuh waktu selama 10 jam akhirnya papercraft Menara Eiffelku jadi, huaaaaaaa 10 jam bagiku itu sungguh melelahkan dan menguras keringat banget. Habis bikin papaercraft ini bukannya aku langsung ambruk di kasur ehhh malah diajak keluar sama mas Adit -___-. HOAH! setidaknya aku cukup terharu dengan hasil papercraft pertamaku ini :"). Hmm lumayan lah untuk harga seorang newbie yang baru pertama bikin papercraft. Oh iya, betewe eniwe baswe ini dia wujud papercraft bikinankuuuu *uhuk, nyombongin dikit gapapa lah*


Eiffel..I'm in Love
tampak atas
agak miring
Yah, itu dia papercraft Menara Eiffel hasil rakitan tangan saya sendiri...hosh hosh hosh *menggos-menggos abis ngetik*. Dan mas Adit ternyata suka :D papercraftku langsung dipajang di kamarnya. Huaaah "tahukah kau sayang, aku sangat ingin mengunjungi Menara Eiffel bersamamu u.u" (begitulah bunyi gombalan saya kepada mas Adit). Eh tetapi jika tiap ucapan adalah doa, aku bener-bener pingin bisa pergi ke Paris mengunjungi menara Eiffel di waktu malam bareng mas Adit :D. Aminnn ya Allaaah, amiiiiiiiiin :'D


Oh iya, bagi yang ingin mendapatkan software Menara Eiffel seperti di atas, bisa klik disini :D


BEST QUOTE:
"TAK ADA SESUATU YANG TAK MUNGKIN DI DUNIA INI, KARENA JIKA KITA MAU BERUSAHA UNTUK MENDAPATKANNYA MAKA SEGALA JALAN AKAN TERBENTANG DAN SEGALA KEMUNGKINAN AKAN TERJADI"
(Adinda Retna Pradini, 19 tahun, pacarnya mas Adit)

No comments:

Post a Comment