Tuesday, June 14, 2011

nostal"gila" bareng ARUM MANIS :3

WHAT THE ...
ini adalah ketikan kedua setelah aku kehilangan postingan ini tanpa sebab, padahal tinggal klik tulisan "post" :(


Ehm,,masih mangkel gara-gara kejadian ludesnya ketikanku tentang postingan ini (jadi harus ngetik ulang dan mikir lagi deh) aaaaaaaahh..
Jadi begini, minggu kemarin aku tiba-tiba kepingin makan arum manis. Gara-gara pas nganter ibuk ke pasar trus pulangnya lewat ruko, nah di depan toko emas persis ada orang jualan arum manis. Langsung melting deh begitu mencium aroma wanginya :3. Kemudian aku minta ibuk buat beliin arum manis, kirain bakal dimarahin gara-gara aku minta jajan kayak anak kecil eh ternyata dibeliin :D


cara pembuatannya
And then...ketika penjualnya sedang melakukan ritual mengembangkan kapas di mesin pembuat Arum Manis, aku sambil membayangkan kapan terakhir kali makan jajan ini. Tapi, setelah mengingat-ingat dengan keras kayaknya aku tetep LUPA :(. Saking lamanya mungkin,,terakhir aku inget pernah dibeliin bapak di Tugu Pahlawan waktu aku masih kecil dulu. Ingatan selanjutnya aku inget pernah dibeliin ibuk di deket rumah. Entahlah, aku insomnia :(

Arum Manis memiliki nama lain kembang kapas, kembang gula, cotton candy, permen kapas, gula kapas, awan manis, gula awan, kembang awan dan kapas manis. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
1.Masukkan satu sendok gula pasir yang sudah ditambah dengan pewarna makanan yang diijinkan ke dalam lubang tengah pada mesin pembuat arum manis.
2. Hidupkan mesin, tunggu hingga panas dan mengeluarkan asap disertai awan-awan.
3. Gulung dengan lidi atau sebaiknya gunakan yang terbuat dari bambu atau boleh gunakan cone stick
4. 
Gulung sampai ukuran yang diinginkan (sesuaikan ukuran plastik yang akan digunakan).
5. Masukan ke dalam kemasan plastik.

Untuk harga bervariasi, mulai dari Rp. 1000 sampai ada yang diatas Rp. 10.000.  Untuk 1 kg gula pasir bisa menghasilkan 25-30 arum manis ukuran kantong besar.

Nah, untuk yang aku coba kemarin harganya Rp. 3000, agak mahal dengan yang biasanya di pasar malem (Rp. 1000). Tapi, jangan salaaaah,,,rasanya uenaaaak tanteee,,lain dari yang aku coba dulu. Seingatku tiap beli arum manis rasanya agak pahit dan nggak "pyuur" atau nggak soft banget, tapi yang ini beneran soft dan enyaaaaak bangetttt :3. Setelah aku ingat-ingat ternyata paklek nya pake Gula pasir dengan merk G*L*K*. Pantesaaan lembut kayak makan awan beneran :D. Dan pilihanku tetap jatuh pada warna putih, selain lebih aman, biar semakin mirip sama awan beneran,,,dan inilah penampakannya:

mirip awan :D
Oh iya, sebenernya aku beli arum manis 2 buah, satunya mau aku kasihkan Arya. Tapi ternyata Arya nggak mau gara-gara dia trauma sama jajan ini. Dulu, dia pernah makan arum manis trus gulanya nempel dan nggak bisa lepas dari giginya sampe dia nangis dan muntah-muntah. Hahahaha. Sejak saat itu dia jadi ilfeel sama arum manis. Akhirnya arum manis buat Arya jadi milikkuuuuu. Dan inilah wujud seorang Miss Cotton Candy Freak:

gak jelas -___- jangan ditiru
Satu pertanyaan terakhir untuk anda :
"Kapan terakhir kali anda makan arum manis?"

No comments:

Post a Comment