Sunday, March 20, 2011

aku dan petualangan VOLI

                                                                                     pict by Google

Kecintaanku terhadap olahraga voli dimulai ketika menginjak bangku menengah pertama alias SMP, tepatnya kelas 1 di SMPN 26 Surabaya. Awalnya aku nggak pernah ngerti apa itu voli, berapa ukuran bolanya, siapa penemunya, berapa jumlah pemainnya, gimana cara mainnya, sampai bagian-bagian dalam permainan ini seperti servis, block, passing, sampai smash (bukan boyband yang geje itu loh). Aneh memang, dengan pedenya aku tiba-tiba ikut gabung pas latihan pertama di ekstrakurikuler ini pada hari minggu, sekitar pukul 8 pagi. Berkat ajakan temen sekelasku yang notabene emang dari SD udah ikut ekskul ini, ya udah daripada nggak ikut ekskul apa-apa mending nyoba ikut ekskul ini. Seperti anak ayam kehilangan induknya, aku tolah-toleh pas semua temenku pada umpan-umpanan pake bola voli. Rata-rata mereka udah bisa yang namanya passing bola, dan sejauh mata memandang, di lapangan voli segede ini hanya aku yang berdiri sambil melongo nggak tau apa yang harus dilakuin. Lalu temenku ngenalin aku sama bola voli, dia mulai ngajarin aku yang namanya passing bola, posisi tangan saat melakukan passing, servis, dan banyak deh pokoknya. Nggak tanggung-tanggung, sampai rumah pun aku rela tanganku dikompres pake air anget gara-gara bengkak berkat latihan passing bola tadi. Hehehehe namanya juga baru pertama kenal voli.

Sejak saat itu, keahlianku dalam bermain voli makin lama semakin bertambah. Ini semua nggak langsung aku dapetin secara instan, pastinya dengan rajin ikut ekskul voli tiap hari senin sama kamis sore. Waktu kelas dua, ekskul volinya dijadiin satu sama anak kelas 3, pastinya yang cewek dipisah sama yang cowok. Temen-temen seGenk-ku dulu juga banyak yang ikut voli, dari 10 yang ikut ada 7 orang. Itu juga merupakan salah satu alasanku sih kenapa aku bisa tetap bertahan di ekskul ini, selain karna cinta sama olahraganya, ekskul voli juga bisa dijadiin ajang buat ngrumpi se-Genk. Hehehe. Oia, di ekskul ini aku juga dapet temen banyak, nggak hanya dari temen seangkatan, aku juga kenal banyak sama kakak kelas, salah satunya mbak Jasinda Pratiwi alias mbak JP. Wah, mbak JP ini hebat banget main volinya, dulu dia sering jadi tosser-nya tim voli putri SMPN 26 Surabaya. Pas ekskul, aku sering bengong kalo liat mbak ini main, ya ampuuun beneran deh aku pengen bisa pinter voli kayak mbak JP. Meskipun selama 3 taun di SMP, aku nggak pernah dimasukin di tim inti, selaaaaaluuu jadi cadangan. Memang sih, temen-temen mainnya pada enak-enak semua, kalopun aku jadi pemain biasanya aku selalu ada di posisi belakang (daerah pertahanan).


Berbagai lomba serta kejuaraan bola voli sempat kami ikuti. Mulai dari PORSENI yang waktu itu bertempat di GOR UNESA, Barunawati Cup, hingga pertandingan persahabatan di sekolah lain. sekolah yang sering bertanding sama sekolahku dulu SMPN 20, SMPN 14 dan SMPN 3. Yang paling sering biasanya SMPN 20, dalam setahun mungkin bisa ngadain pertandingan persahabatan sebanyak 10 kali. Maklum dah, dilatih oleh guru voli yang sama, namanya Pak Hendrik. Oia, Pak Hendrik ini kalo ngelatih voli cewek bener-bener muuuuuanteb banget, rasanya nggak ada deh dari sekian banyak siswi yang ikut voli, mustahil ada yang nggak pernah diomeli sama beliau. Pak ini kalo ngajar sambil ngomel-ngomel gitu, belum lagi kalo semisal kami bikin kesalahan, entah itu gagal nge-passing bola atau servis dengan teknik yang buruk. Jangan ditanya deh apakah aku pernah diomeli sama orang ini, pastinya SUDAH SANGAT SERING. Namanya juga masih belajar, kalo pengen nggak dimarahi ya harus main dengan bener. Kegiatan yang biasanya anak voli tunggu-tunggu itu waktu kegiatan tengah semester (KTS) sama Class Meeting selama 1 minggu. Dalam acara ini OSIS sekolahku ngadain pertandingan olahraga selain penampilan pentas seni tentunya. Dalam KTS biasanya tim voli dibagi per 3 kelas, dalam 3 kelas itu dipilih 6 anak yang nantinya jadi satu tim untuk dipertandingkan. Selama 3 tahun, baru pas kelas 3, timku keluar sebagai juara 1 sewaktu KTS dan Class Meeting, waktu itu aku membela tim voli putri kelas ABC.

Seragam favoritku kalo pas tanding voli biasanya aku pilih nomer 7, nggak tau kenapa aku suka sama nomer 7. Trusss ada kejadian menarik di kelas 3 pas ada pertandingan voli di Bapopda, kalo nggak salah sekolahku ikut kejuaraan disana dan hari senin ada babak penyisihan untuk tim voli cewek. Waktu itu aku dapet amanah jadi pemimpin upacara hari senin, padahal pertandingan voli untuk babak penyisihan dimulai pukul 7 pagi. Meskipun jadi pemain cadangan, toh aku harus tetep ikut main disana, karna kemarin aku juga ikutan latihan ekstra buat persiapan seminggu sebelum pertandingan. Nah, setelah selesai upacara, aku langsung bergegas ganti baju tim voli trus diantar ke tempat pertandingan sama Pak Gun (guru paling ganteng di SMP ku, kata anak-anak sihhh) dengan mengendarai motor milik Pak Gun. Saking kepikirannya sama pertandingan voli, aku sampai nggak sadar kalo lagi dibonceng sama guru paling killer tapi cakep di sekolahku itu. Yang ada di otakku saat itu semoga pertandingan volinya menang, biar aku ada kesempatan buat main. Sepanjang perjalanan pun diriku hanya terdiam membisu sambil komat-kamit berdoa demi kemenangan tim kami. Sesampai TKP (nggak tau di daerah mana), aku langsung bergegas menemui temen satu timku yang lagi duduk-duduk di bawah pohon, kayaknya mereka kecapekan habis main. Nggak pake basa-basi aku langsung tanya "menang rek?", mereka pun kompak menjawab "iyoo dind, menang........menang-is tersedu-sedu". JLEB!, rasanya semangatku langsung menciut. Haaaahhhh nggak papalah, lumayan juga nggak ikut pelajaran matematika di kelas, tapi udah capek-capek kesini malah nggak ikutan main -__-. Lalu pulangnya aku bareng rombongan teman-temanku yang dicharterin bemo oleh sekolah. Waktu di dalem bemo, salah satu temenku ada yang tanya "Lho dind, kamu tadi kesini naik apa?" tanpa basa-basi langsung kujawab "dianter Pak Gunawan". Dengan serempak, seisi bemo  (kecuali pak supir dan pelatihku yang duduk di depan) menjerit sambil menganiaya aku. Ada yang nyubit, ada yang narik rambutku, ada yang cuma memandangiku dengan tatapan iri sambil mecucu, pokonya anaeeeehh kabeeeh. "Lapo'o seh reeeekkk" tanyaku sambil menutup mukaku pake tas ransel. Aku baru sadar kalo temen-temenku pada mengidolakan Pak Gun, halaaaahh kok ya kurang kerjaan banget sih, ngefens kok sama guru sendiri. Lagian tadi juga nggak sengaja, pikirku ntar dianter guru lain, lha kok ternyata dianter Pak Gun. Berarti kan itu rejekiku, ehehehehehe lumayaaaan 8-)

Dan di kelas 3 SMP ini aku pernah ikut club voli di GOR UNESA, tapi hanya bertahan sampai 2 kali pertemuan, disebabkan jadwal latihan pada pukul 3 sore, apalagi waktu itu udah mendekati bulan-bulan ujian, jadinya aku pending dulu kegiatan ekstra ku dan fokus pada kegiatan intrasekolah. Selebihnya, mungkin hanya ikut pertandingan pada waktu lomba voli dalam rangka Agustusan di RW.

Petualangan voli pun berlanjut hingga ke jenjang SMK, tepatnya di SMK Farmasi Surabaya, sebuah tempat yang sangat jauh berbeda dengan tempat asalku mengenal voli, dari segi fasilitas hingga anggota tim. Maklum, di tempat ini nggak terlalu menonjolkan ekskul volinya. Tapi aku punya guru pembimbing voli yang juga hebat, namanya Bu Dwi. Bu Dwi ini terkenal sangat disiplin dalam mengajar, beliau juga sangat sabar dalam membimbing kami mulai dari nol. Ada keanehan disini, Bu Dwi menganggap kemampuan voliku sudah jauh lebih bagus ketimbang teman-temanku yang lain, bahkan Bu Dwi mengkategorikan aku sebagai master voli cewek di Farmasi. Nggak jarang, pas ekskul voli aku sering disuruh gabung di tim voli cowok, kakak-kakak kelasku yang ikut voli cowokpun juga sering bilang kalo permainanku itu SANGAR. Aneh, padahal waktu SMP aku nggak pernah lebih dari seorang cadangan tim voli, dan permainanku pun belum pernah bisa tembus sebagai pemain inti dalam tim, tapi nyatanya sewaktu di Farmasi aku dianggap paling "wah" di atas mereka, bahkan oleh pelatihku sendiri -____-. Mungkin, ini adalah buah dari pendidikan Pak Hendrik sewaktu di SMP dulu, yang mana aku dan teman-temanku diajarkan untuk selalu bermain dengan serius, gak pake guyon, jujur, dan semangat, maka dari itu sewaktu di Farmasi aku selalu main dengan serius. Anugerah ini pun nggak pernah aku sia-siakan, bahkan aku semakin terpacu dengan "gelar" dari mereka tersebut. Alhamdulillaah....ternyata masih ada yang menganggap permainan voliku itu bagus :). Selama kurang dari 2 tahun aku berpetualang di dunia voli Farmasi, hanya melakukan pertandingan persahabatan selama 2x, dengan SMA Tri Tunggal Surabaya dan ibu-ibu PKK di sekitar sekolahku, sebelum akhirnya terjadi bentrok antara guru pelatih voliku, Bu Dwi dengan kepala sekolah tentang jadwal ekstrakurikuler voli yang menyimpang dari kurikulum. Karna memang nggak ada lagi waktu kosong buat diisi ekskul voli, maka dari itu diputuskan hari sabtu jam 2 siang. Meskipun Bu Dwi sudah berusaha untuk memenangkan argumennya, tapi tetap saja keputusan  PALING NGGAK FAIR harus kami terima. Voli SMK Farmasi Surabaya dihapus. Padahal yang ikut ekstrakurikuler sangat banyak, dan waktu itu juga aku sempet nangis di depan temen-temen seperjuanganku. Sebuah keputusan yang dibuat dengan alasan yang nggak masuk akal dari sekolah yang hanya mengandalkan prestasi akademiknya saja tanpa memandang bakat yang terpendam di dalam siswanya dan nggak pernah ngasih fasilitas buat mengembangkan prestasi akademik murid-muridnya. Huh, aku keseeeel banget sama sekolahku waktu itu, tapi alhamdulillah sekarang ekskul voli di Farmasi telah dihidupkan kembali.

Selama 2 tahun lebih aku vacum dari dunia voli. Di jenjang Perguruan Tinggi pun aku memilih untuk tetap berhenti dari dunia ini. Entah mengapa, aku merasa kemampuanku sudah sangat kurang mengingat sudah 2 tahun lebih aku hanya jalan di tempat, dalam arti nggak melatih bakat voliku yang dulu sempet berkibar di bendera SMP dan SMK. Sebenernya aku bercita-cita pengen jadi atlet voli di Surabaya Samator. Kok kayaknya keren gitu kalo pas liat turnamen voli di tipi kayak Sampoerna Hijau Voli dan PROLIGA. Trus temenku pernah cerita kalo temennya ada yang jadi atlet voli di Surabaya Samator, dan dia ditawarin kerja di PT. PLN. Cuma bermodalkan pinter voli mamenn, nggak harus kuliah di jurusan Teknik Elektro dulu
 -_____-

                                                                                pict by Google
Dari ekskul voli ini, aku mulai mengenal yang namanya kekompakan, kejujuran, semangat, pantang menyerah, usaha dan segala hal yang menyangkut gimana caranya nyatuin ego dan menyamakan tujuan dalam satu tim. Dari voli juga aku mengenal dan merasakan perjuangan yang tak kenal lelah untuk mencapai sebuah impian, nggak hanya sekedar olahraga tapi juga sebuah pengalaman berharga tentang persahabatan meski cita-citaku sebagai atlet voli telah kandas .....

Makasih buat :
temen-temen voliku dari SMP (Mei, Volita, Nandya, Reni, Rena, Roma, Joana, Muji, Devi, mbak JEPE dkk, mas Isa, mas Indra, Chus, Aris, Hantono, Rizal, dll) temen-temen voliku di SMK (Eka, Bintang, Dewi, Nia, Mey, mas Rendy, mas Bleki, dam mas-mas voliku yg lain) , juga pelatih voliku (Pak Hendrik, Pak Bunadi, Pak Gunawan, Pak Sandiko, dan Bu Dwi) LOVE YOU ALL ... :*

2 comments:

  1. ya ampun namaku nongol, hahaha :D
    wah,trimakasih atas pujian yg brlebihan itu..aku dlu gag sbagus itu, bktinya gag bs masug seleksi seSBy :(
    msh suka voli kah?? aku pgn banget latian lgie di 26 tpie ndak ada tmand.. hehe..
    ayo kapan" maen sm tmand"mu :)

    ReplyDelete
  2. aku nyari tempat latihan volly aja gak tau,,,,,ada yang mau ngasi saran ,,,,,

    ReplyDelete