Wednesday, February 2, 2011

cantik bukanlah segalanya

Cantik, adalah anugerah yang diberikan oleh Allah khusus untuk kaum hawa (jangan sampe buat kaum adam juga :p). Definisi kata cantik akan banyak kita temukan dalam versi yang berbeda-beda untuk tiap orang. Jika kita mencari arti kata cantik di google, akan ada banyak sekali opini tentang itu. Menurut mereka, cantik dibagi menjadi 2, cantik luar (dari wajah) dan cantik di dalam (inner beauty). Sudah tak asing lagi sepertinya dengan ungkapan inner beauty. Setiap wanita tentunya sangat menginginkan 2 kategori cantik tsb ada pada dirinya. Berbagai usaha dilakukan untuk membuat mereka tetap atau semakin cantik. Mulai dari yang menghabis budget kecil hingga ratusan juta rupiah. Tapi, apakah anda tahu bahwa sebenarnya kecantikan wanita hanya berukuran 1 milimeter saja? Apa maksud kalimat tsb? Ini penjelasannya...

Dosen Mata Kuliah Agama Islam saya di kampus pernah berkata, "Kecantikan seorang wanita Islam diukur dari seberapa tangguh ia tidak memamerkan auratnya kepada lawan jenis, menjaga kesucian diri dan menahan pandangannya. Semua wanita di dunia ini cantik. Namun sesungguhnya antara cantik dan jelek hanya berbeda 1 milimeter saja". Kemudian beliau melanjutkan, "Apa yang akan terjadi jika kulit wajah seorang wanita cantik terkelupas sedalam 1 milimeter saja? Masihkah ia disebut cantik? Masihkah ia dapat menyombongkan kecantikannya? Sebenarnya, seorang wanita tak perlu menyombongkan kecantikan yang dimilikinya, karna itu adalah cobaan, kecantikan hanya berkadar 1 milimeter saja. Sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata"

Subhanallah, Dosen saya seperti menyirami kepala saya dengan air es. Sungguh tenang hati saya setiap mengikuti kuliah agama di kampus. Beliau membuka cakrawala saya tentang banyak hal di dunia yang belum saya ketahui. Salah satunya definisi tentang arti cantik menurut Islam. Dulu, saya sering iri melihat teman saya yang memiliki fisik hampir mendekati sempurna. Memiliki kulit yang putih, wajah yang manis, senyum yang indah, rambut lurus, mata dan alis yang bagus, hidung mancung, dll. Saya sadar bahwa waktu itu saya benar-benar khilaf karena tidak mensyukuri apa yang kini dalam genggaman saya. Saya baru sadar bahwa kecantikan itu adalah titipan, di dalamnya penuh dengan cobaan jika sang wanita tsb tidak bisa menjaga titipan dari Allah tsb.

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan. 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih'" QS. Ibrahim:7

Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment